A Content Analysis Of The #BumiAwetMuda Campaign Owned By Perusahaan Listrik Negara (PLN) On The @kompascom TikTok
-
Keywords:
Content Analysis, Persuasive Communication , Social Media Campaigns , Electrifying Lifestyle, TiktokAbstract
Indonesia currently needs a new renewable energy transition to achieve the Net Zero Emission (NZE) program. The Perusahaan Listrik Negara (PLN) is collaborating with Kompas.com to invite people to switch to electric power, especially in the use of electric vehicles through the #BumiAwetMuda campaign on TikTok social media. This research is qualitative research using content analysis methods, with data collection techniques applied through documentation. The research objects used by researchers are four contents of the #BumiAwetMuda campaign on the TikTok account @kompascom, categorized by activities involving electric vehicles. The results of this research show that the content of the electrifying lifestyle message in the #BumiAwetMuda campaign in the knowledge category about electric vehicles contains messages about the positive impact of increasing accessibility, comfort, and support for renewable energy.
References
Alexander, H. B. (2023, September 26). Pemerintah optimalkan serapan listrik melalui elektrifikasi 4 sektor. Diakses melalui https://lestari.kompas.com/read/2023/09/26/210000686/pemerintah-optimalkan-serapan-listrik-melalui-elektrifikasi-4-sektor pada 22 Oktober 2023.
Angelina, M., Goenawan, F. & Tjahyana, L. J. (2021). Efektivitas penggunaan NCT 127 sebagai celebrity endorser dalam social media campaign Nu Green Tea #FixEnak di Instagram @nuteaid. Jurnal E-Komunikasi, 9(2), h. 1-12.
Anggito, A. & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: Jejak.
Annur, C. M. (2023, Mei 24). Pengguna TikTok di Indonesia terbanyak kedua di dunia per April 2023, nyaris salip AS? Diakses dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/24/pengguna-tiktok-di-indonesia-terbanyak-kedua-di-dunia-per-april-2023-nyaris-salip-as pada 30 Oktober 2023.
Antaranews.com. Memacu adopsi kendaraan listrik demi bumi yang lebih hijau. Diakses dari https://www.antaranews.com/berita/3872448/memacu-adopsi-kendaraan-listrik-demi-bumi-yang-lebih-hijau pada 22 Januari 2024.
Bernadette, S., Permatasari, B. Y. & Roennfeld, S. A. (2022). Analisis terhadap kampanye persuasif Zero Waste Indonesia terhadap Pemahaman Ideologis Komunitas #TukarBaju di Instagram. TheJournalish: Social and Government, 3(4), h. 325-335.
Bisnistribunjabar. (2021, Juni 29). Electrifying lifestyle, gaya hidup yang peduli terhadap lingkungan. Diakses dari https://jabar.tribunnews.com/2021/06/29/electrifying-lifestyle-gaya-hidup-yang-peduli-terhadap-lingkungan
Christian, D. (2022, Maret 24). Dirut PLN ungkap langkah nyata pencapaian net zero emmision dalam forum ETWG-1 G20. Diakses dari https://web.pln.co.id/cms/media/siaran-pers/2022/03/dirut-pln-ungkap-langkah-nyata-pencapaian-net-zero-emission-dalam-forum-etwg-1-g20/ pada 22 Oktober 2023.
Dainton, M. & Zelley, E. D. (2019). Applying communication theory for professional life: A practical introduction, 4th edition. US: SAGE Publications.
Dhia, A. F. (2023). Wawancara pra-penelitian.
Dia, K. & Wahyuni, S. (2021). Teknik komunikasi persuasif Buya Yahya pada ceramah “Apa dan bagaimana hijrah itu?” Realita, 19(1), h. 66-83.
Dilla, A. N. & Candraningrum, D. A. (2019). Komunikasi persuasif dalam kampanye gerakan anti hoaks oleh Komunitas Mafindo Jakarta. Koneksi, 3(1), h. 199-206.
Gunawan, D. (2020). Pengaruh social media campaign dan online promotion terhadap purchase intention pada Gojek Indonesia di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1), h. 1-9.
Hariyani, I. (2016). Peran jaringan sosial pada kampanye lingkungan di media sosial: Kasus Kampanye Melawan Asap. INFORMASI: Kajian Ilmu Komunikasi, 46(1), h. 87-100.
Haryono, C. G. (2020). Ragam metode penelitian kualitatif komunikasi. Sukabumi: Jejak.
Hennita, G., Psiylia, M. E. & Saffira, V. (2020). Analisis komunikasi persuasif pada akun Instagram Frelynshop dalam meningkatkan brand image. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), h. 227-240.
Hidayat, A. (2020, Desember 18). Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) resmi diluncurkan, PLN siap menyediakan infrastruktur pendukung. Diakses dari https://web.pln.co.id/cms/media/siaran-pers/2020/12/kendaraan-bermotor-listrik-berbasis-baterai-kblbb-resmi-diluncurkan-pln-siap-menyediakan-infrastruktur-pendukung/
Inside.kompas.com. About us. Diakses melalui https://inside.kompas.com/ 23 Oktober 2023.
Lisanto, A. G., Zuhri, S., Claretta, D. & Suratnoaji, C. (2023). Peran akun Instagram @dr.tirta sebagai influencer dalam edukasi pencegahan Covid-19 di media sosial Instagram (Analisis isi konten Instagram @dr.tirta). LINIMASA: JURNAL ILMU KOMUNIKASI, 6(1), h. 1-15.
Luttrell, R. (2015). Social media: How to engage, share, and connect. US: Rowman & Littlefield Publishers.
Maharani, A. S. A. & Alexander, H. B. (2023, Oktober 12). Kejar nol emisi karbon, dukungan sektor kendaraan listrik diperlukan. Diakses dari https://lestari.kompas.com/read/2023/10/12/140000786/kejar-nol-emisi-karbon-dukungan-sektor-kendaraan-listrik-diperlukan
Marwuri, T. (2016). Komunikasi persuasif Komunitas Earth Hour dalam membentuk perilaku ramah lingkungan pada masyarakat di Kota Pekanbaru. JOM FISIP, 3(1), h. 1-15.
Nafsyah, A. S., Maulidyah, S. R., Nurlia, A. S. & Adhyanti, W. P. (2022). Analisis konten media sosial Instagram By.U sebagai media penyebaran informasi & komunikasi. MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), h. 1-11.
Nida, F. L. K. (2014). Persuasi dalam media komunikasi massa. AT-TABSYIR, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 2(2), h. 77-95.
Ombudsman.go.id. (2022, Juni 15). Ombudsman minta pemerintah kembangkan electrifying lifestyle. Diakses dari https://ombudsman.go.id/news/r/ombudsman-minta-pemerintah-kembangkan-electrifying-lifestyle#:~:text=%22Electrifying%20Lifestyle%20adalah%20gaya%20hidup,kompor%20induksi%20dan%20lain%2Dlain.
Pratama, Y. A., Sarwoprasodjo, S. & Seminar, A. U. (2023). Efektivitas TikTok sebagai media kampanye komunikasi viral pencegahan dan penanganan Covid-10. Junal Komunikatio, 9(2), h. 59-68.
Pratiwi, A. & Maret, E. D. (2022, Januari 28). Modena bermitra dengan PT PLN untuk program electrifying lifestyle. Diakses dari https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/28/223000076/modena-bermitra-dengan-pt-pln-untuk-program-electrifying-lifestyle-
Putra, I. P. D. S. S. (2022). Analisis konten video iklan pada aplikasi TikTok untuk meningkatkan brand awareness. Nusantara Hasana Journal, 2(3), h. 393-401.
Pwc.com. (2023, Oktober 16). Hasil survei kendaraan listrik, masyarakat Indonesia paling khawatir biaya ganti baterai. Diakses melalui https://www.pwc.com/id/en/media-centre/pwc-in-news/2023/indonesian/hasil-survei-kendaraan-listrik-masyarakat-indonesia-paling-khawatir-biaya-ganti-baterai.html pada 15 Januari 2024.
Rakhmawati, Y. (2020). ICT for youth philanthropy: A study towards Kitabisa.com and GandengTangan.co.id. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 17(2), h. 145-166.
Ramadhan, I. H., Priatama, R., Az-Zuhaida, Akalili, A & Kulau, F. (2021). Analisis teknik digital marketing pada aplikasi TikTok (Studi kasus akun TikTok @jogjafoodhunterofficial). Socia: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 18(1), 49-60.
Schreier, M. (2012). Qualitative content analysis in practice. UK: SAGE Publications.
Susanti & Maliki, D. N. (2019). Komunikasi persuasif dalam kampanye anti-kekerasan seksual oleh Komunitas Lentera Sintas Indonesia. Jurnal Komunikasi dan Bisnis, 7(1), h. 18-32.
Syahara, T. A., Indahsari, C. A. & Susanti, D. (2021). TikTok dan pandemi (Analisis konten penggunaan TikTok sebagai media edukasi covid-19 di masa pandemi). Urecol Journal. Part H: Social, Art, and Humanities, 1(1), h. 39-46.
Tama, I. P., Novareza, O., Hardiningtyas, D., Yuniarti, R. & Nuzula, N. F. (2023). Potensi masa depan elektrifikasi kendaraan bermotor di Indonesia: Sebuah analisis strategis rantai pasok. Malang: UB Press.
Trends.google.com. Diakses dari https://trends.google.com/trends/yis/2022/ID/ pada 18 Oktober 2023.
Wiguna, J., Malafitri, N., Nabilah, F. S. & Zuhri, S. (2022). Optimalisasi instagram @siapdarling sebagai media komunikasi sosial pembangunan untuk mengkampanyekan generasi muda sadar lingkungan. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 10(1), h. 1-10.
Yusuf, M. (2014). Metode penelitian: kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Jakarta: Kencana.
Zahira, N. P. & Fadhillah, D. P. (2022). Pemerintah Indonesia menuju target Net Zero Emission (NZE) tahun 2060 dengan Variable Renewable Energy (VRE) di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial, 2(2), 114-119.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jogjakarta Communication Conference (JCC)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.